Aplikasi Konsultasi Dokter Hewan

4 Cara Cerdas Mempersiapkan Keuangan Hewan Peliharaan Kamu

Posted by:

|

On:

|

Persiapan Keuangan Hewan Peliharaan Kamu – Banyak dari kita ingin memelihara hewan peliharaan, tapi bingung bagaimana sih cara mempersiapkan keuangan untuk mereka? Apakah mahal atau tidak? Tentu untuk memelihara hewan peliharaan, kamu harus mulai mempersiapkan banyak hal. Bukan hanya dari segi keuangan, tapi harus dimulai dari keyakinan kamu. Tanyakan diri kamu, apakah kamu benar – benar ingin memelihara hewan peliharaan? Ingat, memelihara hewan peliharaan artinya kamu mengambil sebuah tanggung jawab. Seperti kata Spiderman eh Spidercat :

With great power, comes great responsibility

With great power, comes great responsibility
( dalam kekuatan besar, terdapat tanggung jawab yang besar )

Ketika kamu sudah yakin dengan pilihan kamu, saatnya kamu mulai mempersiapkan keuangan untuk memenuhi kebutuhan hewan peliharaan kamu. Nah, apa saja yang harus dipersiapkan? Yuk simak di bawah ini.

Berikut 4 Cara Cerdas Mempersiapkan Keuangan Hewan Peliharaan Kamu

Dog eat dog food
1. Common Cost

Common cost adalah biaya rutin yang akan kamu keluarkan untuk hewan peliharaan kamu. Ada 4 jenis common cost yang kamu keluarkan, mulai dari food cost, care cost, medical cost, dan home repair cost.

  • Food Cost

Food Cost atau biaya makanan adalah biaya yang kamu harus keluarkan secara rutin. Para Paw Parents yang sudah memiliki hewan peliharaan biasanya pengeluaran paling banyak adalah makanan. Karena makanan adalah kebutuhan sehari – hari dari hewan peliharaan. Berbeda dengan care cost, medical cost, dan home repair cost yang konsumsinya tidak setiap hari. Sehingga food cost dapat dikatakan adalah biaya yang paling banyak yang dikeluarkan bagi Paw Parents.

  • Care Cost

Care Cost adalah biaya perawatan yang juga dibutuhkan hewan peliharaan kamu. Sama seperti kamu, kamu juga butuh perawatan, kan? Mulai dari alat mandi, vitamin rambut, skincare, shampoo, sabun mandi, hewan peliharaan juga membutuhkan hal seperti itu juga. Bagi kamu calon paw parents, grooming adalah hal yang dibutuhkan oleh peliharaan. Sehingga hewan peliharaan kamu bersih dan rapi, agar terhindar dari penyakit.

  • Medical Cost

Medical Cost adalah biaya kesehatan yang wajib kamu persiapkan bagi hewan peliharaan kamu nantinya. Karena kebutuhan kesehatan hewan peliharaan harus kamu benar – benar perhatikan agar hewan peliharaan kamu terhindar dari penyakit. Biasanya yang paling dibutuhkan adalah vaksin. Jika kamu ingin membuat hewan peliharaan kamu steril, maka steril adalah hal yang dibutuhkan juga.

  • Home Repair Cost

Home Repair Cost adalah biaya perabotan yang juga kamu keluarkan. Seperti tempat makan, kandang, pasir, dan lain sebagainya yang digunakan sebagai alat kenyamanan agar hewan peliharaan kamu nyaman untuk tinggal di rumah kamu.

2. Hidden Cost

Hidden Cost adalah biaya tak terduga yang harus kamu perhatikan. MinBu dan para paw parents lainnya pasti udah melewati masa – masa sulit dengan kelakuan random hewan peliharaan kita, huhuhu. Tiba – tiba doi pipis di mouse, atau dia jalan ke vas bunga dan senggol vas bunga kita. Nah biaya seperti itu yang harus kamu persiapkan. Karena hewan peliharaan kadang – kadang memang bikin geleng – geleng kelakuannya.

3. Emergency Cost

Emergency Cost adalah biaya darurat jika hewan peliharaan kamu tiba – tiba terjadi sesuatu seperti kecelakaan, sakit, dan lain – lain. Sama seperti kamu, kamu harus persiapkan dana darurat untuk kesehatan kamu, misal kamu terkena penyakit yang mengharuskan kamu untuk datang ke rumah sakit. Nah hewan peliharaan juga membutuhkan dana darurat untuk penyakitnya, jadi jika terjadi apa – apa kamu bisa langsung bawa ke rumah sakit atau klinik hewan peliharaan kamu.

4. Financial Goal Jangan Terganggu

Yang terakhir goal finansial kamu jangan terganggu. Pasti kamu mempunyai perencanaan finansial dalam 1 bulan, 3 bulan, 1 tahun, bahkan 10 tahun ke depan. Misal perencanaan naik haji, beli rumah, atau biaya lainnya itu jangan sampai terganggu. Karena jika kamu belum ” selesai ” dengan diri kamu, kamu jangan mengambil tanggung jawab lain apalagi memelihara hewan peliharaan. Jika kondisi kamu saat ini belum bisa untuk memelihara hewan peliharaan, kamu jangan paksain untuk memelihara hewan peliharaan. Jika kamu benar – benar peduli terhadap hewan peliharaan, kamu bisa berdonasi di Bubu+ Vet. Bahkan saat ini Bubu+ Vet mempunyai fitur adopsi virtual. Kamu tidak perlu membawa pulang hewan peliharaan kamu karena kamu memikirkan biaya perawatannya, cukup dengan adopsi virtual kamu bisa kapan saja datang ke shelter dan bermain dengan hewan peliharaan kamu.

Bagaimana? Cukup membantu bukan? Jaga hewan peliharaan kalian dengan baik ya. Karena mereka makhluk hidup sama seperti kita. Jika kamu mempunyai masalah kesehatan dan kebutuhan hewan peliharaan kamu, kamu bisa download aplikasi Bubu+ Vet disini ya.

(Sumber artikel dari BincangBubu bersama Greget Kalla Buana)

Download Bubu+ Vet disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *